21 April 2009

Kode Morse Tutorial

Berbagi Pengalaman belajar Morse Code International .
T-Awal Samuel Finley Breese Morse, nama lengkap Morse Ia dilahirkan pada tanggal 27 April 1791 di Charlestown, Pada tahun 1835, dia berhasil menciptakan model telegraf pertamanya serta bahasa sandi yang biasa kita sebut KODE MORSE terdiri dari titik dan garis untuk mewakili huruf, angka dan tanda baca. Saat itu dalam prakteknya masih menggunakan alat penterjemah telegraf dan mungkin anda ingat dekade tahun 70 s/d 80an berkirim berita dari Kantor POS dengan Surat Telegram.


Sesui dengan berjalannya waktu hari, minggu ,bulan dan tahun, Seorang Operator setiap hari mendengar Bunyi Mekanik Mesin Telegraf (pletak pletoook), OPERATOR mesin telegraf bisa langsung menterjemahakan berita tsb, tanpa alat kamus penterjemah. dan dengan berkembangnya teknik elektronik bunyi brisik dari mekanik dirobah menjadai bunyi nada kisaran 600hz s/d 800hz yang cocok dengan telinga kita, akhirnya berkembang menjadi bahasa bunyi disamping bahasa verbal yang kita pakai 
 
Singkat kata saya mencoba berbagi pengalaman Belajar Sendiri Kode Morse dengan alat bantu Software, dari berbagai software tentang morse yang kita dapat dari internet apakah itu; (Morse Academy dari Joe Speroni, AH0A/7J1AAA), (MosreCat Gerald Holler, DK5CI) atau (CW_PLAYER Entwickelt von G. RIVAT F6DQM) dan banyak software yang lainnya, Software yang banyak digunakan adalah CW_PLAYER. (Tnx fer Entwickelt von G. RIVAT F6DQM). Berikut ini bagaimana saya menyederhanakan cara belajar morse dengan menggunakan CW_Player.


Sebelum memulai belajar, hal yang paling mendasar kita harus bisa memilah bunyi DIT pendek kita lafal/dengar tetap DIT, tetapi kalau nada Diiiit panjang kita lafal/dengar DAT. kenapa??? coba anda dengar bunyi/suara yang keluar dari speaker kita, yang terdengar pasti Diit semua betul kan!, jadi gimana caranya bisa memilah??. Baik mari kita jalankan cw_player kemudian kita seting menunya.


Klik menu Change tampilan seperti diatas. Pilih lesson huruf (alfabet) semua tanpa angka dan tanda baca, kemudian set speed antara 10 wpm s/d 15 wpm mana yang enjoy. setelah oke semua mari kita jalankan atau bisa langsung ketik input karakter pada kolom Enter Text seperti dibawah ini.


Tahap Awal, Tiru sembari melafalkan dengan mulut anda bunyi yang keluar, INGAT tahap ini hanya menirukan sambil memilah bunyi Dit pendek dilafal dit dan Diit panjang dilafal Dat, tahap ini lewatkan saja bunyi tsb huruf apa, Persis seperti anak menirukan ucapan ibunya atau membeo, lakukan berulang ulang sampai anda bisa menirukan persis bunyi tersebut dan bisa memilah dit dan dat. istilah teman teman sudah familiar dengan bunyi tersebut.


(Bersambung tahap kedua).....

Sebelum masuk pada tahapan berikutnya, banyak metode pembelajaran morse yang saya ketahui salah satunya adalah dengan sitem pengelompokan contoh, EISH, TMO, AUV, NDB dst metode ini membutuhkan seorang tutor untuk membimbing, disini saya mencoba mengarahkan metode belajar sendiri dengan bantuan software, anda bisa berinprofisasi terhadap future yang ada pada software ini, setingan seperti apa yang anda inginkan dan anda enjoy mempelajarinya,
Tahap Kedua, Belajar menghafal satu persatu Bunyi dari Huruf, (Angka dan Tanda baca) dengan cara berinteraktif dengan komputer lewat keyboard.
Klik menu Quiz dan akan tampil seperti yang diatas.
Pada kolom the characters to play area anda bisa membatasi characters apa yang anda ingin tampilkan secara random, bisa huruf (alpabet), angka atau tandabaca saja. yaitu dengan cara memasukan input lesson yang sudah anda edit, dan untuk fungsi lainnya setalah anda klik sana klik sini saya yakin anda pasti sudah paham. tampilan diatas saya memasukan input Lesson 16 yang terdiri dari karakter huruf sebanyak 26 karakter huruf yang akan keluar secara random/acak oleh software.
Mulailah mencoba quiz cw_player dengan sabar dan enjoy, cobalah tebak bunyi huruf apa yang keluar,, pencet keyboard untuk jawaban. ketika pertamakali anda mencoba saya yakin anda pasti gagap, bengong untuk mencet keyboard, coba dan coba terus atau anda boleh buat kamus tabel titik garis pada kertas untuk kepekan, ingat hanya untuk kepekan saja yang utama adalah bunyi, bunyi dan bunyi dari karakter tsb, (orientasi terhadap bunyi akan menentukan tahap selanjutnya) saya yakin jam, hari dan satu minggu anda berlatih pasti sudah hafal 5 s/d 10 bunyi huruf, coba dan latihan terus sehingga sampai anda mencapai nilai min 70 persen pada kolom cw_player report.
apabila anda mendapat kesulitan menghafal 26 karakter huruf sekaligus, anda bisa mengedit input lesson sesui keinginan anda bisa pake rumus EISH, TMO dst atau cari pengelompokan karakter huruf yang anda inginkan.
Sampai pada tahap ini anda telah mengenal dan hafal bunyi masing masing huruf secara satu persatu atau secara tunggal, usahakan quiz cw_player ini dengan nilai min 70 persen kalau bisa 100 persen benar, untuk masuk pada tahapan berikutnya.
Selamat berlatih..... de yc2www (hari)

3 komentar:

  1. dadang / yc2euzKamis, 04 Juni, 2009

    hari minggu yang lalu, akhir bulan mei kemarin...aku di uji ngirim dan terima morse...speed-nya 12wpm
    wah karena gak pernah latihan jadi keringatan deh, padahal ruangan ac cukup dingin loh di gedung wanita semarang
    mestinya belajar pakai software yang ini ya...biar lancar..

    BalasHapus
  2. He..he om dadang semapat-2nya mampir keblogku... Sukses yaa... ntar kalau udah naik ke bravo traktir yaa.

    BalasHapus