11 Mei 2009

DX dan Kode Morse (CW)

Sebagai pendatang baru dalam dunia amatir radio Indonesia awal tahun 2001 mendapat IAR(license) degan callsign yd2usr H-topi_Alit (sekarang berganti jadi yc2www) masuk dalam kategori klas siaga (novice) saya belum paham dengan kode morse, Baru setelah akhir tahun 2001 senior saya pak Priono yc2cqe memperkenalkan belajar kode morse dengan bantuan software MA (Morse Academy dari Joe Speroni, AH0A/7J1AAA) kebetulan software ini masih berjalan pada DOS (under dos) saya mempelajarinya dengan serius dan sistematis.


Empat bulan kemudian dengan penguasaan kode morse yang minim mencoba DX pada band HF moda CW di 80m atau 3,5 mhzW!YY terjadi Qso dengan Jim Simon W1YY pada tanggal 13 - 03 - 2002 jam 14:07 Utc dengan report signal dan tone (RST) 579 hi.. ini report yang menyenangkan.. band 3,5 mhz berat untuk DX walau pada saat propagasi bagus (gud condx) tetap saja pada receiver noisenya tinggi. Bagi seorang pemula seperti saya tentu ini sangat mengasyikan dan berani memulainya saat itu transceiver (rig) yang saya gunakan IC720A pawer 100 w dengan antena dipole ketinggian 10m.
QSL Card dari W1YY.
W!YY_C
Ruang operator(HamShack) dan Rig yang saya pakai dari tahun 2002 s/d 2004 tranceiver tua IC720A Pwr 100w buatan tahun 1980 yang saya setting ulang kembali untuk prima dipakai pada moda SSB dan CW padahal di japan sana mungkin sudah tidak dipakai lagi oleh para amatir.. yaa nggak.. he he. Ic-720a-a
Paddel bikinan (hand made) mas jhoni yc7cd cukup bagus dan persisi, Coba diperhatikan bahan yang digunakan kontak poinnya dari platina mobil dan as (lakernya) dari harddisk XT yang sudah tidak terpakai.. kalau ada yang minat silahkan hubungi beliau.
Paddel_7CD
Nah.. ini dia paddel pertamaku.. cukup dengan dua buah microswitch, plat alumunium, papan pcb, karet dan plastiksteel... jadilah paddel darurat yang murah meriah .
Paddel_elek
Electronik keyer dibawah ini mempergunakan 4 buah IC terdiri dari 4070, 4093 dan dua buah 4017 sangat mudah didapat dan harganya cukup murah, Walau agak semerawut jamper sana jamper sini hasilnya lumayan bagus dan stabil.
Tone_Gener
Sekedar berbagi cerita.. tks.. de yc2www, hari.

9 komentar:

  1. pak untuk Electronik keyer kok sekemanya nggak disertakan...???? pak tolong semanya.......

    BalasHapus
  2. Sorry.. ya skemanya dipinjam teman tapi tidak kembali.. yang jelas rangkaiannya mudah dibuat dan komponennya banyak dipasaran. ntar kapan-2 akan saya buat skemanya, ok tks.

    BalasHapus
  3. salam kenal...tolong kasih info tlp.mas jhoni...saya tertarik dgn padle platina bikinannya...matursuwun OM hari ... susilo_hp@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. Tks kunjungannya Pak Susilo, saya sudah e-mail anda semoga yang info yang dicari dapat.

    BalasHapus
  5. Selamat siang pak......... bisa minta tolong no HP atau no tlp pak Jhoni, yang membuat keyer. tolong kirim kke emai saya mametayogya@yahoo.com. trimakasih banyak

    BalasHapus
  6. Salam om. tolong email contact number om jhoni di 9m2pju@gmail.com

    BalasHapus
  7. pak, minta no telp nya OM jhoni dong. email saya husny.effendy@gmail.com trims

    BalasHapus
  8. masih banyak caraq buat belajar sandi morse, salah banyaknya ini http://allscout-id.blogspot.com/2013/04/cara-dahsyat-belajar-sandi-morse.html

    BalasHapus