08 September 2009

Kode Morse Adalah Sebuah Bahasa.

Saya ingin memberikan beberapa hal yang penting dari sudut psykologis. Kode Morse adalah sebuah bahasa, Setiap bahasa dipelajari dengan cara mengingat (memory) lebih dahulu, baru kemudin kita mempergunakannya.
Coba ingat kembali masa di waktu kita masih kecil dan mulai sekolah. Kita menghafal dulu semua huruf alpabet dan baru kemudian kita bisa membaca. Jadi untuk menguasai Kode Morse kita harus menghafal sehafal-hafalnya bunyi alpabet atau karakter dari Kode Morse tersebut, jangan meremehkan hal ini, karena sangat critical terhadap apa yang akan terjadi selanjutnya ketika mampelajari Kode Morse. ada orang yang menemui halangan (barrier) dalam meningkatkan speed ialah karena mereka sudah mentok pada plateau (titik puncak), yang kemungkinan besar akibat system belajar Kode Morse yang tidak benar.


Kode Morse adalah bahasa bunyi (language of sounds). Buanglah jauh-jauh ingatan kita akan segala tanda titik dan garis datar. Bahkan kita tidak boleh melihat buku atau catatan apapun yang ada tanda titik dan garis datar. Hapuslah dari memori Anda segala titik dan garis jika Anda telah terlanjur melakukannya . hafallah bunyinya saja. pada speed potensil Anda. Belajarlan dengan mendengarkan bunyi nya saja sampai sehafal-hafal nya. Setelah hafal benar dengan karakter tertentu, baru meningkat ke karakter yang berikut.

Dibawah ini saya berikan beberapa trik (hits) yang memepunyai implikasi phisik dan psykologis, dan tidak sukar, yaitu :

  • Jangan mengadakan “play-back” dalam pikiran Anda, ketika mendengar bunyi Kode Morse. Langsung saja ke karakter yang dimaksud oleh bunyi tersebut. Kalau Anda lakukan “play-back” dulu dalam pikiran anda, maka anda akan memperlambat diri sendiri.

  • Yang paling penting dalam Kode Morse adalah jika kita tidak dapat menerima sebuah karakter, maka lupakan dan tinggalkan saja, karena akan menyusul karakter lain dan lebih cepat dari yang kita banyangkan. Kita tidak punya waktu untuk mengingat-ingat lagi yang sudah liwat dan kita akan membuat kesalahan yang lebih banyak lagi, jika masih ingin mengingat-ingat yang sudah liwat. Lebih baik kehilangan satu karakter dari pada kehilangan beberapa karakter yang akan menyusul. Karakter yang ketinggalan cukup diberi tanda titik (blank), dan disi kemudian setelah selesai.

  • Pilih waktu dan lingkungan yang tenang dan menyenangkan untuk belajar menerima Kode Morse. Pilih waktu sebelum orang-orang bangun atau setelah mereka tidur, enyahkan semua yang menggangu.

  • Sediakan waktu selama 30 menit sehari, setiap hari. Jangan sampai ada hari yang kosong, kita bukan seperti latihan olahraga, dimana ada hari yang kosong untuk memberikan istirahat pada otot, Pikiran atau ingatan (mind) kita tidak memerlukan waktu istirahat, kecuali untuk tidur.

  • Ketika sedang menerima/menulis ketukan, jangan coba-coba melihat kebelakang (mundur), untuk memeriksa apakah yang telah kita terima/tulis betul atau tidak.

  • Tulis langsung apa yang Anda dengar tanpa pikir lagi. Jika tidak dapat, lupakan saja. Saya lebih suka menulis dengan tulisan biasa, dengan huruf kecil yang menyambung, bukan dengan huruf besar.

  • Berlatihlah dalam keadaan pisik yang fresh dan tidak capek. Anda tidak akan membuat kemajuan jika pikiran tidak segar atau badan capek.

  • Mengirim (sending) Kode Morse dilakukan kemudian setelah kita mahir menerima semua karakter.

  • Jangan coba-coba menghitung-hitung atau membayangkan bunyi yang anda dengar, Terima seperti yang anda dengar. Ulangi dan ulangi lagi bunyi yang belum anda hafal, sampai mahir.

  • Biasakan mendengar bunyi Kode Morse dengan tingkat volume yang rendah, agar tidak merusak kuping dan nantinya terbiasa dengan adanya gangguan QRM.

  • Jangan paksakan proses belajar anda lakukan secara natural, pelan-pelan dan relaks. Anda tentu tidak ingin frustrasi akibat dipaksakan. Jangan lanjutkan pelajaran sebelum hafal dan mahir dengan pelajaran sebelumnya. Membuat kesalahan tidak masalah, karena tanpa kesalahan, Anda tidak akan membuat kemajuan.

  • Saya harap saya telah memberikan inspirasi kepada anda, bukan depresi. Semuanya nanti pasti akan mendapatkan kenikmatan dan kesenangan bagi Anda dalam ber QSO dengan mode CW, hingga mencapai speed yang maksimal.

Inilah saran dan nasehat dari Chuck Adam k7qo dalam mempelajari kode morse,  qsp de yc2www 73 es good lucnk

1 komentar:

  1. Terima kasih, saya akan coba terapkan kepada adik-adik Pramuka walupun masih SD, nampaknya mereka mahir bermorse, namun bukan cara di atas. Saya akan coba teknik seperti diatas.

    BalasHapus