11 Mei 2009

Lanjutan Kode Morse Tutorial

Pepatah mengatakan Lancar jalan karena ditempuh lancar kaji karena diulang, Saya yakin anda pasti sudah bisa melewati tahap pertama dan kedua, Sudah bisa melafalkan bunyi Dit.. dan Daa.. dengan benar dan berinteraktif dengan computer lewat "quiz cw_player" serta sudah mengenal bunyi satu persatu dari huruf (letters) A s/d Z dan kadang lupa kadang ingat bunyinya.. betul kan?. nah jangan kwatir saya akan berbagi pengalaman dengan anda.


Tahap Ketiga. pada tahap ini betul betul menyita waktu,tenaga dan kesabaran. disini anda melatih mendengar bunyi kode morse kemudian menterjemahkan dalam bentuk tulisan pada kertas (melatih reflek menulis). Jadi pada tahap ini mulai melatih penggabungan beberapa bunyi kode morse dalam satu group maksudnya saya mencoba mengarahkan anda memulai belajar satu group terdiri dari dua karakter bunyi dan kemudian satu group lima karakter bunyi.... hi..bingung ya.??. baik mari kita lihat gambar ini.


Klik menu options pilih word options ada beberapa pilihan 2,3 s/d 8 character length, kalau anda klik menu "2 character length " dan cw_player akan mengeluarkan bunyi kode morse dua karakter sekaligus dengan spasi.. dua karakter berikutnya... dan seterusnya atau dengan istilah lain satu group terdiri dari dua huruf/karakter bunyi secara random atau acak.
Sebelum anda latihan pada tahap ketiga ini jangan lupa mengisi kolum berapa banyak huruf (letter) yang akan keluar secara random, silahkan anda isi pada kolum "Memorandom" contoh; Number of characters to generate =20, artinya sebanyak 20 huruf yang akan dibunyikan secara radom.
Okey.... siapkan kertas kosong dan alat tulis atur speed wpm yang anda inginkan, Saya sarankan speed wpm yang paling bagus/ideal antara 8 wpm s/d 12 wpm, Klik "play cw_player" tulis jawaban pada kertas, ulangi terus latihan pada sesi ini walaupun anda blank atau hanya dapat satu saja karakter yang tertulis dari 20 karakter random yang keluar (ingat disini anda melatih singkronisasi antara mendengar bunyi, terjemahkan dan perintah untuk menulis pada waktu yang bersamaan). dengar dan tulis jangan bosan.. saya paham... sebetulnya anda tau bunyi tersebut tetapi sulit untuk ditulis atau anda terlambat menulis karena tersusul bunyi kode morse berikutnya betul kan??.. Nah... pada latihan ini boleh saya katakan "sekali dayung dua tiga pulau terlampaui" yaitu anda melatih mendengar, translate sekaligus melatih reflek untuk menulis dalam waktu yang bersamaan dan ini wajib anda latih.
Tingkatkan latihan anda satu group menjadi 5 karacter huruf(letters) ini menjadi standar latihan random anda untuk selanjutnya, tingkatkan banyaknya karakter random yang akan anda latih dan jangan lupa setiap lembar jawaban, anda koreksi atau anda cocokan dengan text pada cw_player untuk menilai sampai dimana kemajuan anda.


Tetap dan bertahan dulu latihan anda pada tahap ketiga ini sampai anda betul betul hafal dan familiar huruf (letters) A s/d Z, baik itu secara tunggal ataupun secara gabungan(group), Apabila anda sudah mampu menguasai tahap ketiga ini dengan speed 10 wpm dan sebanyak 300 karakter huruf (letters) anda tulis dengan benar semua atau paling tidak min 80 persen betul berarti anda akan mudah untuk menguasi bunyi karakter angka (numbers) dan sebagian tanda baca (punctuation). Khusus untuk tanda baca hanya 5 macam karakter saja yang sering dipergunakan yaitu .,=?/ titik,koma,samadengan,tandatanya dan garis miring.
Ciri khas kombinasi bunyi yang panjang dari angka dan tanda baca sangat mudah dibedakan diantara bunyi huruf (letters), Coba anda lafalkan bunyi tersebut dibawah ini.
Angka 0 s/d 9.
daa-daa-daa-daa-daa 0 _ _ _ _ _
di-daa-daa-daa-daa 1 ._ _ _ _
di-di-daa-daa-daa 2 .._ _ _
di-di-di-daa-daa 3 ..._ _
di-di-di-di-daa 4 ...._
di-di-di-di-dit 5 .....
daa-di-di-di-dit 6 _....
daa-daa-di-di-dit 7 _ _...
daa-daa-daa-di-dit 8 _ _ _..
daa-daa-daa-daa-dit 9 _ _ _ _.
Tanda Baca.
di-daa-di-daa-di-daa . titik
daa-daa-di-di-daa-daa , koma
di-di-daa-daa-di-dit ? tanda tanya
daa-di-di-daa-dit / garis miring
daa-di-di-di-daa = sama dengan
Kemudian anda latih khusus karakter angka saja atau tanda baca saja dengan cara yang sama seperti anda melatih 26 karakter huruf (letters). Silahkan anda edit input lesson khusus angka(number) atau tanda baca (punctuation).


Latihan tahapan ketiga yang terakhir adalah menggabungkan semua karakter huruf, angka dan tanda baca yang sudah anda lakukan diatas beri penilaian (report) setiap akhir latihan sampai dimana kemajuan anda..... Apabila anda sudah mampu menguasai tahapan ini cukup dengan speed 10 wpm dan sebanyak 300 karakter huruf, angka dan tanda baca anda tulis dengan 100 persen betul atau paling tidak min 80 persen betul. Saya memberi acungan jempol serta ucapan selamat untuk anda dan anda akan mudah untuk melanjutkan pada tahapan berikutnya.
  • Manaikan speed dari 10 wpm ke speed yang lebih tinggi
  • Merubah latihan random ke plano atau kebahasa yang anda kenal
  • Menghafal bunyi suku kata atau kata(word), kalimat dst...dst.. dan seterusnya.
Selamat mencoba dan berlatih.. tnx de yc2www.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar